Nilai Intrinsik Perusahaan

Sebelumnya saya telah membahas sedikit tentang value investing. Bagi kalian yang belum membacanya, silahkan baca di sini. Meskipun dalam praktiknya variasi dari strategi value investing ini cukup banyak, namun seluruh variasi strategi tersebut tetap sangat bergantung pada informasi mengenai nilai intrinsik dari suatu aset/perusahaan.

Nah, pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang apa itu nilai intrinsik dari suatu perusahaan.

Secara umum, nilai intrinsik suatu aset terbagi dua yaitu going concern value dan liquidation value. Going concern value digunakan ketika menilai suatu aset dengan asumsi aset tersebut akan terus beroperasi dan menghasilkan arus kas di masa depan, sedangkan liquidation value digunakan ketika menilai suatu aset yang diasumsikan tidak akan beroperasi dan menghasilkan arus kas lagi di masa depan.

Going concern value dapat diperoleh dengan menjumlahkan seluruh nilai kini (present value) dari arus kas di masa depan sedangkan liquidation value dapat diperoleh dengan menghitung nilai likuidasi dari seluruh aset berbentuk yang dimiliki setelah dikurangi dengan seluruh kewajiban kepada pihak ketiga. Dalam kaitannya dengan penilaian perusahaan, going concern value pada umumnya dihitung menggunakan metode discounted cash flow (DCF) sedangkan liquidation value biasanya dikalkulasi dengan menggunakan metode Net Net Working Capital. Untuk detailnya bisa googling aja, atau kalau mau baca buku bisa baca buku valuasi tulisan Aswath Damodaran untuk metode DCF dan The Intelligent Investor tulisan Benjamin Graham untuk metode Net Net Working Capital.

Metode yang saya sebutkan di atas, terutama metode DCF, tidak membutuhkan kemampuan microsoft excel tingkat lanjut. Yang dibutuhkan hanyalah data yang baik, konservatif dan masuk akal berdasarkan lingkungan ekonomi dan industri yang mempengaruhi perusahaan. Metode-metode ini merupakan metode yang sama yang digunakan oleh investor-investor institusi. Namun bukan berarti bahwa nilai intrinsik yang saya, anda atau investor-investor institusi tersebut hasilkan akan identik. 

Nilai intrinsik suatu perusahaan merefleksikan proyeksi kita sebagai analis atas tingkat pertumbuhan (growth rate), tingkat investasi kembali (reinvestment rate), imbal hasil atas modal yang diinvestasikan (return on invested capital) serta biaya modal (cost of capital) dari suatu perusahaan. Nah, proyeksi-proyeksi tersebut tentunya akan berbeda-beda antara satu analis dengan analis lainnya termasuk kita investor ritel.

Apakah nilai intrinsik yang kita peroleh merupakan nilai intrinsik yang akurat ? Tentu saja tidak, akurasi nilai intrinsik yang kita peroleh sangat terkait dengan akurasi dari proyeksi yang kita lakukan atas variabel-variabel yang saya sebutkan di atas. 

Adanya kemungkinan inakurasi perhitungan inilah yang menjadikan straregi membeli saham hanya ketika harganya jauh lebih rendah dari nilai intrinsik yang kita peroleh menjadi hal yang sangat penting. Selisih antara harga beli dan nilai intrinsik hasil perhitungan kita (margin of safety) merupakan refleksi dari tingkat keyakinan kita terhadap nilai intrinsik yang kita peroleh. Semakin besar selisih antara keduanya, maka risiko investasi kita akan semakin kecil karena artinya masih ada ruang untuk mengakomodasi inakurasi hasil perhitungan nilai intrinsik yang kita lakukan.

Bagi sebagian kita, mempelajari metode valuasi perusahaan mungkin dianggap terlalu njelimet dan tidak relevan bagi investor ritel. Namun bagi saya pribadi, mengetahui nilai intriksi suatu perusahaan merupakan hal yang wajib dilakukan. 

Investasi kita hanya akan menghasilkan imbal hasil yang baik jika kita membeli aset yang baik pada harga yang lebih rendah dari nilai intrinsiknya atau membeli aset dengan keyakinan bahwa akan ada orang lain yang bersedia membeli aset tersebut pada harga yang lebih tinggi dari harga perolehan kita. Mengingat bahwa saya tidak bisa menebak perilaku investor lainnya, maka saya memilih untuk mencari tahu nilai intrinsik suatu aset sebelum memutuskan untuk membeli aset tersebut.

Semoga bermanfaat.

~cheers~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s