Investasi Pendidikan

Melenceng sedikit dari tema-tema pada postingan sebelumnya, hari ini saya ingin berbagi opini tentang salah satu jenis investasi terpenting dalam kehidupan seorang manusia namun sayangnya masih sedikit yang memahaminya sebagai sebuah investasi. Selain itu, masih banyak juga yang memahami jenis investasi ini dalam bentuk formalnya dan mengabaikan bentuk informalnya yang justru menurut saya akan lebih banyak memberikan kontribusi bagi kehidupan seseorang.

Jenis investasi yang saya maksud di sini adalah pendidikan. Eitss… Jangan salah paham, postingan ini tidak akan membicarakan tentang bagaimana caranya menyisihkan uang untuk dana pendidikan anak atau dana pendidikan tingkat lanjut. Pada postingan kali ini saya ingin berbagi opini tentang pentingnya pendidikan, yang buat saya merupakan jenis investasi yang paling penting dalam kehidupan seseorang.

Setidaknya ada dua laporan dari Bank Dunia dan Oxfam International yang memaparkan kondisi kesenjangan kesejahteraan (kesenjangan pendapatan dan kesenjangan kekayaan) di Indonesia. Dalam kedua laporan tersebut disimpulkan bahwa kesenjangan kesejahteraan di Indonesia saat ini dalam kondisi yang memprihatinkan. Berdasarkan data dari Credit Suisse (2016), Indonesia menempati urutan ke 6 sebagai negara dengan tingkat kesenjangan kekayaan tertinggi di dunia.

Saya tidak akan menyentuh hal-hal yang terkait dengan kebijakan publik, tingkat korupsi dan sebagainya. Bagi saya, itu semua adalah bagian dari tantangan yang harus dihadapi oleh semua individu dalam menjalani kehidupannya dan merupakan hal yang sulit direalisasikan jika kita ingin memiliki suatu lingkungan kehidupan di mana seluruh unsur yang di dalamnya secara positif mendukung untuk meraih kesejahteraan.

Dihadapkan dengan kenyataan seperti ini, lantas apa yang dapat dilakukan oleh seorang individu untuk setidaknya dapat mencicipi dan berpartisipasi dalam pertumbuhan ekonomi negara kita tercinta Indonesia ?

Jawabannya saat ini cuma satu yaitu pendidikan.

Pendidikan akan membuka pintu kesempatan yang sangat besar bagi seorang individu untuk memperoleh kehidupan yang sejahtera. Dengan pendidikan yang baik, seseorang dapat memperoleh pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan untuk  menghasilkan pendapatan yang lebih dari cukup untuk memenuhi segala kebutuhan dan keinginannya. Pendidikan tidak hanya diperoleh dari kelas-kelas formal dalam suatu sekolah, pendidikan pada masa sekarang ini juga dapat diperoleh dari berbagai sumber informal seperti buku, video, kelas training atau bahkan dari film.

Selain faktor takdir, pendidikan juga menjadi faktor yang sangat penting bagi seseorang dalam usahanya meningkatkan taraf kehidupan. Jangan sampai salah paham dengan fakta bahwa banyak orang-orang kaya yang tidak memiliki ijazah sekolah. Patut dicamkan bahwa tidak memiliki ijazah sekolah bukan berarti tidak memiliki pengetahuan dan keahlian. Tokoh-tokoh seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg memang tidak memiliki ijazah sekolah, namun mereka memiliki pengetahuan dan keahlian yang membantu mereka untuk menciptakan suatu produk/jasa yang diinginkan oleh orang banyak. Kedua tokoh tersebut berhenti sekolah bukan karena malas, tapi untuk dapat fokus mengembangkan produk/jasa yang telah mereka rintis. Dengan pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki serta potensi besar yang mereka lihat dari produk/jasa yang mereka ciptakan, maka mereka memutuskan bahwa menyelesaikan sekolah dan menelantarkan apa yang telah mereka rintis bukanlah pilihan yang tepat bagi mereka.

Pendidikan mungkin identik dengan aktifitas yang membosankan. Tapi sebenarnya kebosanan itu muncul karena seseorang tidak memahami potensi apa yang dapat dia raih dari proses pendidikan tersebut. Di sisi lain, mungkin proses pendidikan yang dijalaninya tidak memberikannya akses kepada pengetahuan dan keahlian yang menarik bagi dirinya. Namun yang pasti, jika kita ingin meraih kesuksesan dan kesejahteraan maka menjalani proses pendidikan untuk memperoleh pengetahuan dan keahlian merupakan hal yang  wajib untuk dilakukan.

Tidak peduli apakah seseorang ingin menjadi pegawai atau pengusaha, pendidikan adalah syarat mutlak untuk meningkatkan kekayaan seseorang. Dengan pengetahuan dan keahlian yang tinggi, seseorang dapat menentukan gaji yang ingin diperolehnya dari pekerjaannya atau keuntungan yang dihasilkan dari usahanya. 

Sebagai pegawai, pemberi kerja akan bersedia membayar dengan harga tinggi untuk pekerjaan kita ketika kita memiliki pengetahuan dan keahlian yang sangat berharga bagi sang pemberi kerja. Sebagai pengusaha, kita dapat memperoleh keuntungan yang besar jika kita memiliki pengetahuan dan keahlian yang dapat menghasilkan produk/jasa dengan modal yang kecil dan biaya produksi yang rendah namun konsumen bersedia membayar dengan harga yang tinggi untuk produk/jasa tersebut.

Karena itu, pendidikan adalah syarat mutlak untuk meraih kesuksesan dan kesejahteraan. Pendidikan tidak hanya dalam bentuk sekolah formal namun juga dalam bentuk proses pengembangan diri secara mandiri yang dapat dilakukan melalui berbagai macam media yang tersedia saat ini. Poin utamanya adalah dengan proses pendidikan seseorang dapat memperoleh pengetahuan dan keahlian yang bernilai tinggi bagi orang lain. Anggaplah bahwa seluruh dana, waktu, tenaga yang anda keluarkan saat ini untuk menjalani proses pendidikan anda sebagai bentuk investasi yang anda harapkan akan meningkatkan arus kas yang akan anda peroleh di masa datang. Dengan konsep berfikir seperti itu anda akan memiliki semangat untuk terus mengembangkan kemampuan diri anda karena pada akhirnya anda sendiri yang akan menuai hasil dari seluruh investasi anda saat ini.

~cheers~

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s