Blog

Nasehat Warren Buffett – 2017’s Letter to Shareholders

"In our search for new stand-alone businesses, the key qualities we seek are durable competitive strengths; able and high-grade management; good returns on the net tangible assets required to operate the business; opportunities for internal growth at attractive returns; and, finally, a sensible purchase price."

Laporan Tahunan (No. 2/2017)

Tahun 2017 merupakan tahun yang sangat menarik dan juga tahun yang penuh dengan pencapaian rekor tertinggi pasar saham domestik. Per 29 Desember 2017, IHSG ditutup pada level 6,355.65 atau tumbuh sebesar 19.98% (18.23%, metode bunga majemuk) selama tahun 2017 dan ISSI ditutup pada level 189.86 atau tumbuh sebesar 10.33% (9.83%, metode bunga majemuk) selama tahun 2017.

Pengaruh ​Inflasi bagi Investor Saham

Inflasi merupakan salah satu variabel yang sangat penting untuk dipahami oleh investor saham. Bukan saja definisinya, namun yang lebih penting adalah bagaimana pengaruh inflasi terhadap imbal hasil investasi. Lantas, apa yang perlu dipahami investor tentang inflasi ? Silahkan dibaca selengkapnya.

Aku Ingin Kaya

Sudah saatnya individu-individu yang bertanggung jawab untuk memiliki keinginan menjadi kaya. Bukan hanya memiliki kelebihan dalam bentuk intangible asset namun juga kelebihan dalam bentuk tangible asset. Kekayaan adalah alat bantu untuk mencapai tujuan-tujuan yang jauh lebih mulia. Kekayaan dengan sendirinya tidak memiliki sifat baik atau buruk. Kebaikan atau keburukan yang seolah-olah tampak berasal dari kekayaan sebenarnya hanyalah refleksi dari sifat individu yang memilikinya.

Memahami Risiko dalam Investasi

Mencari investasi yang nilainya kemungkinan akan naik bukanlah suatu hal yang sulit, terutama diperiode bull market. Namun jika kita ingin sukses berinvestasi dalam jangka panjang, maka kemampuan untuk mengelola risiko menjadi satu variabel yang tidak dapat diabaikan.

Antara Harga & Nilai

"Investing is a popularity contest, and the most dangerous thing is to buy something at the peak of its popularity. At that point, all favorable facts and opinions are already factored into its price, and no new buyers are left to emerge. The safest and most potentially profitable thing is to buy something when no one likes it. Given time, its popularity, and thus its price, can only go one way: up." -Howard Marks-

Uji Kewarasan Investasi

Earnings yield, yang merupakan kebalikan dari PER, adalah rasio yang sangat membantu untuk melakukan uji kewarasan sebelum kita melakukan investasi pada suatu saham. Kita sangat terbiasa dengan PER namun seringkali merasa bingung dengan makna dari angka PER tersebut. Dengan menggunakan earnings yield, kita bisa membandingkan earnings yield dari suatu saham dengan yield obligasi Pemerintah Indonesia baik 10 maupun 30 tahun. Dengan melakukan perbandingan (uji kewarasan) ini, setidaknya kita dapat memiliki perbandingan dari alternatif investasi lainnya sehingga diharapkan dapat mengambil keputusan investasi dengan lebih rasional.